Minggu, 24 September 2017

Sekolah Taman Kanak di Jepang

Ohayou gozaimasu minna   .. 🙏

pengalaman pada cerita ini kita akan membahas saat kami mencari sekolah untuk anak tercinta yg berumur 4tahun.Sekolah di Jepang juga terbagi menjadi dua Sekolah Negeri dan Swasta, untuk perbedaannya saya rasa sama seperti di negara kita.                                                                 
Pendidikan anak usia dini di Jepang terbagi dua yaitu Youichien (di Indonesia menyebutnya sebagai Taman Kanak-Kanak (TK)) dan Hoikuen (di Indonesia menyebutnya sebagai Taman Penitipan Anak (TPA), sementara di Amerika lebih populer dengan istilah daycare/nursery school). Tujuan utama pendidikan anakusia dini di Jepang baik Youchen (TK) ataupun Hoikuen (TPA/daycare) sama yaitu membangun kekuatan anak untuk hidup dan memiliki landasan hidup yang kuat untuk menapaki langkah selanjutnya.
Tetapi pokok bahasan kita bukan sistem pendidikannya Karena terlalu berat tetapi bagaimana cara mendapatkan sekolah yang baik dan nyaman di negara Jepang, Hal ini tidaklah mudah namun tidak sulit juga. Berdasarkan pengalaman,kami mencari selolah untuk anak Saya yang umurnya 4 tahun. Untuk mendapatkan sekolah dan menjadi siswa maka kita harus mencari dan mendaftar kurang lebih 3 bulan  sebelum tahun baru dimulai dan harus pandai mencari sekolah yang menerima siswa orang asing karena tidak semua sekolah mau menerima siswa asing,ya dengan alasan tidak semua guru mengerti bahasa Inggris, berbeda dengan negara kita akan senang sekali apabila ada siswa asing. Saran juga bagi kawan2 yg sudah punya anak dan sudah sekolah di Indonesia dan hendak dipindahkan sekolahnya keJepang sebaik nya carilah sekolah yang mau menerima terlebih dahulu baru dipindahkan,jangan seperti temannya istri saya yg sudah  langsung pindah sekolah namun belum cari sekolah yg mau menampung akhirnya harus menunggu lama agar bisa masuk atau pindah sekolah baru yg ada di Jepang. 
Dalam kunjungan saya ke salah satu Taman Kanak yg cukup terkenal di tempat kami tinggal dan melihat secara langsung kegiatan sekolah sungguh sedikit berbeda lah, kalau dilihat dari fasilitas saya rasa mungkin negara kita tidak begitu tertinggal jauh, saya melihat bagaimana siswa nya diajari dengan serius dan bekerja sama dengan baik sehingga semua siswa berperan aktif dan sama dan mereka di ajari untuk tidak takut kotor, ya bisa dibilang totalitas^_^ dan tidak lupa yg menjadi sorota adalah toilet nya sama seperti toilet yg ada di hotel, kinclong dan wangi

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kawan2 yg punya cita2 tinggal di Jepang ya 👌🏿

2017/9/24 kashiwa city,Chiba Ken ,Tokyo, Jepang

ダフィト

0 Komentar:

Posting Komentar

silahkan di komentari

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda